Jumat, 25 September 2009

Perkambangan Sejarah Internet

Internet terdiri dari rangkaian besar jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Kelebihan rangkaian jaringan ini adalah bersifat Sentralistik yaitu apabila satu komputer / group terputus, tidak akan mengganggu aktivitas koneksi komputer lainya.

Pada tahun 1970, perkembangan komputer yang terkoneksi rangkaian jaringan internet mengalami kemajuan pesat sampai dengan tahun 1981 yang mencapai 213 unit. Kemudian pada tahun 2000 jumlah komputer yang terhubung menjadi lebih dari 400 juta. Pada tahun 2005 pengguna internet bertambah menjadi 1 miliar orang dan pada tahun 2008 pengguna internet telah melampaui 2 miliar.

Berawal dari adanya proyek ARPANET pada tahun 1961, yaitu proyek jaringan besar yang dibangun oleh tentara militer Amerika Serikat (ARPA). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching). Jaringan ini diatur oleh badan NSF (National Science Foundation).


Kebijakan berinternet akhirnya dibatasi dan diperuntukkan bagi ilmuwan unggul saja. Namun pada tahun 1980-an NSF tidak diizinkan lagi mengatur penggunaan internet. Hak Internet diprivasikan dan digunakan untuk tujuan komersial pada orang-orang tertentu saja. Tindakan ini muncul bersamaan engan populernya penemuan WWW (World Wide Web) yang ditemukan ilmuwan bernama Tim Berners-Lee yaitu seorang fisikawan asal inggris.


Pada 1980, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hypertext untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Pada tahun 1984 dia kembali sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang digunaka pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia membangun browser pertama (NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuatnya yaitu httpd://info.cern.ch/ telah di-arsipkan dan aktif secara online untuk pertama kali pada tanggal 6 agustus 1991. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium di Massachusetts Institute of Technology. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar