Selasa, 22 September 2009

Mengenal Virus, Spyware dan Malware

Virus komputer merupakan program yang dapat mengandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat di analogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya ke sel makhluk hidup.

Virus komputer dapat merusak (misalnya merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, proses komputer menjadi lambat, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.


Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan data virus yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut (update).

Contoh Virus : Worm, Trojan, dan lain-lain.

Contoh Antivirus : KasperSky, Norton, McAfee dan lain-lain.



Spyware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan (software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data milik pengguna.


Untuk mencegah atau memburu spyware, anda dapat menambahkan fasilitas program keamanan yang biasa disebut engan firewall ataupun internet security. Anda dapat menggunakan program Zone Alarm, AVG Anti-Spyware, Anti-Spyware doctor, antivirus internet security dan lainnya.


Malware atau disebut malicious software yang berarti "perangkat lunak mencurigakan" adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi.

Sama seperti pencegahan Spyware, untuk mencegah adanya Malware masuk melalui installasi program, anda dapat menambahkan fasilitas program keamanan firewall dan internet security.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar